SUMBER
DAYA KONSUMEN
Kita sebagai manusia tidak terlepas dari berbagai
macam kebutuhan hidup. Untuk memenuhi kebutuhan hidup itu lah kita harus
bekerja keras agar dapat terpenuhi semua yang kita butuhkan. Akan tetapi perlu
dicermati, kita sebagai konsumen harus memiliki sumber daya yang cukup dan
berpikir cerdas dalam menentukan mana yang seharusnya dibutuhkan dan mana yang
hanya sebagai keinginan belaka. Dengan mengimplementasikan itu semua
dibutuhkannya sumber daya. Sumber daya
merupakan suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi ataupun unsur
tertentu dalam suatu kehidupan. Di dalam perilaku konsumen, terdapat berbagai
macam sumber daya yang mempengaruhi tingkat pembelian suatu barang ataupun jasa
yang biasa disebut dengan sumber daya konsumen.
Adapun macam-macam sumber daya tersebut, diantaranya
:
1. Sumber
daya ekonomi/ perekonomian
Merupakan sumber daya yang dimiliki
baik yang tergolong sumber daya alam ( SDA) maupun nilai potensial yang
terdapat didalam sumber daya manusia itu sendiri (SDM) yang memberikan manfaat.
Contoh : Alam dan Manusia itu sendiri.
2. Sumber
daya sementara
Sumber daya dimana memiliki tujuan
yakni dapat menghemat waktu dari keinginan atau kebutuhan manusia yang
kompleks. Contoh : Menonton TV, Memancing, Berlibur
3. Sumber
daya kognitif
Merupakan sumber daya yang berupa perencanaan dan
proses pengambilan keputusan yang dimiliki oleh konsumen terhadap apa yang
ingin dibutuhkannya. Contoh : Arahan atau Direction, Evaluasi alternatif dan
sebagainya.
PENGETAHUAN
Pengetahuan
pada dasarnya merupakan sebuah ide, gagasan atau daya pikir seseorang yang
secara sadar dianugerahkan oleh tuhan YME untuk melaksanakan kewajiban kita
sebagai manusia di muka bumi ini. Seiring berkembangnya zaman, pengetahuan
bertambah dan berkembang luas. Sampai dengan zaman yang sudah modern dan
canggih ini. Dalam konteks lingkup ekonomi, pengetahuan bisa diartikan sebagai
seluruh informasi yang terkait dengan berbagai permasalahan mengenai
perekonomian baik mikro,makro dan masalah-masalah yang menyangkut dengan
stabilitas ekonomi suatu bangsa. Dalam
hal perilaku kita sebagai konsumen, pengetahuan kita disini harus benar-benar
paham dan yakin betul akan diri kita cerdas dalam memilih suatu produk yang
ingin kita beli untuk proses pengambilan keputusan. Pengetahuan disini
maksudnya adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam
produk serta pengetahuan yang lain serta terkait dengan fungsinya sebagai
konsumen.
Pengetahuan
konsumen terbagi menjadi 3 bagian, diantaranya adalah :
a)
Pengetahuan
Produk
Pengetahuan produk dapat diartikan
sebagai kumpulan – kumpulan informasi sebuah produk yang ingin dibeli oleh
konsumen. Pengetahuan ini meliputi karakteristik produk, merk, brand,
terminologi produk, harga, tingkat kepercayaan masyarakat dan manfaat atau kegunaan
dari produk tersebut.
b)
Pengetahuan
Pembelian
Merupakan terdiri atas pengetahuan
tentang toko, lokasi produk di dalam toko dan penempatan produk yang sebenarnya
di dalam toko tersebut. Pengetahuan Konsumen cenderung lebih senang mengunjungi
toko yang sudah dikenalnya untuk berbelanja, karena telah mengetahui dimana
letak produk di dalam toko tersebut. Hal ini akan memudahkan konsumen untuk
berbelanja atau melakukan pembelian. Hal ini akan memudahkan konsumen untuk
berbelanja karena konsumen bisa menghemat waktu dalam mencari lokasi produk.
Menurut Petter dan Olson (1999), perilaku membeli meliputi store contact,
product contact, dan Transaction.
·
Store contact meliputi tindakan mencari
outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
·
Product contact, konsumen akan mencari
lokasi produk, mengambil produk tsb dan membawanya ke kasir
·
Transaction, konsumen akan membayar
produk tersebut dengan tunai, kartu
kredit, kartu debet atau alat pembayaran lainnya.
c) Pengetahuan pemakaian
Pengetahuan pemakaian yakni suatu
produk ataupun jasa dapat dikatakan bermanfaat apabila digunakan atau
dikonsumsi. Agar produk tersebut dapat memberikan manfaat yang maksimal dan
kepuasan tertinggi maka harus benar-benar digunakan sebaik mungkin. Untuk itu
para konsumen perlu memerlukan pengetahuan ini agar dapat mengoptimalkan
pemakaian produk ataupun jasa yang dibutuhkan.
Sumber : Wikipedia.org.co.id
http://tugasidaherlina.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar