Pengaruh
Sikap dan Perilaku
Definisi
Sikap
Sikap merupakan suatu tindakan atau
tingkah laku seseorang yang dapat dinilai oleh orang lain baik maupun buruknya
tergantung dari pada norma-norma yang berlaku di masyarakat. Sikap seseorang
dapat dipengaruhi oleh beberapa hal yang dapat memicu sikap seseorang itu
berubah oleh karenanya kita harus berhati-hati dalam memilih baik dalam
pertemanan maupun hal-hal yang lain agar kita terhindar dari sikap negatif yang
dapay mempengaruhi sikap dan kepribadian kita.
Gagne
(1974) mengatakan bahwa sikap merupakan suatu keadaan internal (internalstate) yang mempengaruhi
pilihan tidakan individu terhadap beberapa obyek, pribadi, danperistiwa. Masih
banyak lagi definisi sikap yang lain, sebenarnya agak berlainan, akan
tetapikeragaman pengertian tersebut disebabkan oleh sudut pandang dari penulis
yang berbeda.Namun demikian, jika dicermati hampir semua batasan sikap memiliki
kesamaan padang,bahwa sikap merupakan suatu keadaan internal atau keadaan yang
masih ada dalam darimanusia. Keadaan internal tersebut berupa keyakinan yang
diperoleh dari proses akomodasidan asimilasi pengetahuan yang mereka dapatkan,
sebagaimana pendapat Piaget’s
tentangproses perkembangan kognitif manusia (Wadworth,
1971).
Secord and Bacman (1964) membagi
sikap menjadi tiga komponen yaitu
- Komponen kognitif, adalah komponen yang terdiri dari pengetahuan Pengetahuaninilah yang akan membentuk keyakinan dan pendapat tertentu tentang objek sikap
- Komponen afektif, adalah komponen yang berhubungannya dengan perasaan senang atau tidak senang, sehingga bersifat evaluatif. Komponen ini erat hubungannyadengan sistem nilai yang dianut pemilik sikap.
- Komponen konatif, adalah komponen sikap yang berupa kesiapan seseorang untuk berperilaku yang berhubungan dengan objek sikap.
Banyak
kajian dilakukan untuk merumuskan pengertian sikap, prose terbentuknya sikap,
maupun proses perubahannya. Banyak pula penelitian telah dilakukan terhadap
sikap untuk mengetahui efek dan perannya baik sebagai variabel bebas maupun
sikap sebagai variabel tergantung Kepercayaan konsumen terhadap suatu produk
bahwa produk tersebut memiliki atribut adalah akibat dari pengetahuan konsumen.
Menurut
Mowen dan Minor kepercayaan konsumen adalah pengetahuan konsumen mengenai suatu
objek, atributnya, manfaatnya. Pengetahuan tersebut berguna dalam
mengkomunikasikan suatu produk dan atributnya kepada konsumen. Sikap
menggambarkan kepercayaan konsumen terhadap berbagai atribut tersebut.
Berikut
adalah beberapa karakteristik sikap antara lain :
a. Sikap
positif, negatif, netral.
b. Keyakinan
sikap.
c. Sikap
memiliki objek.
d. Konsistensi
sikap.
e. Resistensi
sikap.
Empat
fungsi sikap yang bisa digunakan oleh pemasar sebagai metode untuk mengubah
sikap konsumen terhadap produk dan atributnya menurut Daniel Katz antara lain :
1. Fungsi
utilitarian.
2. Fungsi
mempertahankan ego.
3. Fungsi
ekspresi nilai.
4. Fungsi
pengetahuan.
Pengukuran
sikap yang paling populer digunakan oleh para peneliti konsumen adalah model
multi atribut yang terdiri dari tiga model : the attittude toward-object model,
the attittude toward-behavior model, dan the theory of reasoned-action model.
Model ini menjelaskan bahwa sikap konsumen terhadap suatu objek sangat
ditentukan oleh sikap konsumen terhadap atribut-atribut yang dievaluasi. Model
ini menekankan tingkat kepentingan yang diberikan kosumen kepada suatu atribut
sebuah produk. Model sikap lainnya yang juga sering digunakan adalah model
sikap angka ideal. Model ini memberikan informasi mengenai sikap konsumen
terhadap merek suatu produk sekaligus memberikan informasi mengenai merek ideal
yang dirasa suatu produk. Perbedaannya dengan model multi atribut adalah
terletak pada pengukuran sikap menurut konsumen.
Sumber : Wikipedia.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar