Di
kota-kota besar seperti dijakarta, semakin menjamur para pebisnis-pebisnis Event Organizer. Bagi
yang belum tahu, Event Organizer adalah penyedia jasa profesional penyelenggara
acara dan populer disebut dengan singkatan EO. Tujuan dari sebuah Event Organizer
tentu saja adalah untuk membantu kliennya agar bisa menyelenggarakan acara yang
diinginkan tanpa harus menjalankan sendiri. Hal ini tentu karena pihak
penyelenggara memiliki keterbatasan sumber daya serta waktu sehingga mereka
harus menggunakan jasa EO. Tetapi saat ini kebanyakan klien beralasan bahwa
dengan menggunakan jasa EO profesional hasilnya lebih bagus dibandingkan bila
dikerjakan sendiri. Mungkin Anda tertarik dengan dunia Event Organizer? Bisnis
ini sepenuhnya menguntungkan bila dikerjakan dengan serius dan memiliki inovasi
yang membuat orang tertarik.
Jenis
Event Organizer
Sebelum
Anda membuka jasa penyelenggara acara sebaiknya Anda harus mengetahui berbagai
jenis Event Organizer. Jasa EO umumnya dikategorikan menjadi beberapa jenis,
diantaranya adalah:
- EO One Stop Service Agency: ini adalaha jasa EO skala besar yang layak menyelenggarakan acara kelas internasional.
- EO musik dan entertainment: EO jenis ini lebih banyak bergerak dibidang hiburan, terutama adalah musik seperti konser dan kegiatan entertainment lainnya.
- EO Wedding: EO ini cukup banyak dan tersebar dibanyak tempat, tugasnya adalah membantu acara pesta pernikahan lebih menarik dan lebih sistematis. Sekain acara pernikahan, EO semacam ini juga bisa membantu menyelenggarakan pesat ulang tahun.
- EO Brand Activation: EO ini biasanya memiliki jasa yang lebih spesifik, yakni membantu client guna mempromosikan sebuah produk dalam rangka peningkatan penjualan atau bisa juga untuk kegiatan promosi pengenalan merek. EO ini umumnya lebih sering berinteraksi langsung ke target marketnya.
- EO MICE: EO ini umumnya hanya khusus bergerak pada bidang penyelenggaraan acara berbentuk pertemuan, acara formal dan kegiatan yang berhubungan dengan pariwisata.
Bagi
Anda yang masih pemula, mungkin membuka jasa EO Wedding atau EO Musik dan
Entertainment cukup pas. EO ini lebih umum dan tidak membutuhkan banyak sekali
crew, yang terpenting adalah ide, inovasi dan memiliki fasilitas-fasilitan
pendukung. Pada intinya, reputasi bagus sebuah jasa Event Organizer dilihat
dari kesuksesan event atau acara yang dibuat. Jika EO Anda banyak meraih
kesuksesan dalam menyelenggarakan sebuah acara maka akan semakin dipercaya oleh
klien guna menangani berbagai acara lainnya.
Berikut
ini adalah beberapa tips jitu dalam menjalankan bisnis Event Organizer:
1.
Miliki Pengalaman
Pengalaman
sepertinya menjadi hal penting untuk menjalankan bisnis Event Organizer. Jadi
pada umumnya orang-orang pemilik jasa EO kebanyakan dahulu pernah bekerja pada
perusahaan EO. Berbekal pengalaman tersebutlah dipastikan Anda akan dapat
mengetahui tata cara, prosedur mengelola suatu kegiatan, mulai dari masalah
penyusunan proposal hingga eksekusi di lapangan. Kami harus mengatakan bahwa
sulit menjalankan bisnis ini tanpa pengalaman.
2.
Miliki Ide Kreatif dan Inovasi
Tentu
klien tidak menginginkan acaranya berjalan biasa-biasa saja. Untuk itulah
mereka menyewa jasa EO. Sebuah kewajiban sebuah EO adalah memiliki ide-ide
kreatif dan memiliki inovasi yang benar-benar menghadirkan daya tarik. Sebagai
contoh salah satu ide kreatif EO Wedding adalah mengadakan kegiatan-kegiatan
menarik seperti pemotongan roti besar, melempar bunga, kiss wedding dan
ide-idel lain. Jika Anda memililki ide yang lebih banyak, tentu bisa dia
aplikasikan pada acara.
3.
Miliki Banyak Relasi
Sebuah
perusahaan EO biasanya memiliki banyak relasi seperti perusahaan, sekolah,
maupun intstansi lain. Dengan semakin banyaknya relasi memungkinkan semakin
banyak yang menggunakan jasa EO Anda. Jangan canggung untuk bergaul dengan
orang-orang kaya, karena pada umumnya pengguna jasa EO adalah kalangan menengah
keatas.
4.
Miliki Mitra Kerja
Event
Organizer bisa dikatakan adalah tim yang mengerjakan segalanya dalam acara.
Perlu banyak crew dan perlu banyak memiliki mitra kerja. Anda harus bekerja sama
dengan ahli dan pemilik sound system, tata lampu, penggung atau scafholding
serta konstruksi rigging, perlengkapan meja, kursi, partisi, karpet,
fotografer, videografer, alat musik, desainer grafis, penampil acara, MC dan
lain sebagainya. Pastikan mitra kerja Anda memiliki kualitas SDM dan peralatan
bagus karena akan berpengaruh pada reputasi jasa EO Anda.
5.
Miliki Tim Solid
Memiliki
crew banyak tidak menjamin acara berhasil dan sukses. Tetapi memiliki crew
banyak, tapi solid dan professional sudah tentu akan sukses. Setiap crew harus
mendapat job description masing-masing, kemudian juga harus melaporkan
progresnya masing-masing. Ingat bahwa sukses atau tidaknya sebuah acara atau
event sangat bergantung sekali dengan kesiapan, koordinasi maupun kerjasama
antar teamwork.
6.
Pemasaran Online
Strategi
marketing yang harus Anda jalankan adalah melalui internet, memanfaatkan
website resmi agar lebih bonafit. Selain itu juga bisa melalui media sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar